Senin, 30 Agustus 2010

Sejarah Mikrobiologi

Mikrobiologi adalah ilmu pengetahuan tentang perikehidupan makhluk - makhluk kecil yang hanya kelihatan dengan mikroskop (bahasa Yunani: mikros = kecil, bios = hidup, logos = kata atau ilmu). Makhluk - makhluk kecil itu disebut mikroorganisme, mikroba, protista atau jasad renik.




Antoni van Leeuwenhoek (1632 - 1732) ialah orang yang pertama kali mengetahui adanya dunia mikroorganisme itu. Dengan mikroskop ciptaanya ia dapat melihat makhluk - makhluk kecil tersebut. Mikroskop buatan Antoni memiliki pembesaran 300 kali. Dari beberapa percobaannya seperti dari air hujan yang menggenang di kubangan ia peroleh beraneka hewan bersel satu yang ia beri nama "Hewan Tuangan" atau Infusoria.




Antoni terus mengadakan pengamatan - pengamatan antara tahun 1674 - 1683, dia juga berhubungan dengan lembaga di Inggris "Royal Society". Dia terus melaporkan hasil dari pengamatan - pengamatannya dan disertai gambar. Sehingga dalam dunia mikrobiologi, Antoni van Leeuwenhoek dapat dikatakan sebagai peletak batu pertamanya.




Mikrobiologi mencakup pengetahuan tentang virus (virologi), bakteri (bakteriologi), hewan bersel satu (protozoologi), dan jamur (mikologi) terutama meliputi jamur - jamur rendah seperti Phycomycetes, Ascomycetes serta Deuteromycetes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar